Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi, Jabar diduga menjadi korban pembunuhan di Abu Dhabi

Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi, Jabar diduga menjadi korban pembunuhan di Abu Dhabi

Bandung - Nurul Binti Daroji (30) seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi, Jabar diduga menjadi korban pembunuhan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Kabar ini diperoleh keluarga dari seseorang berinisial LS, sesama TKW Abu Dhabi yang juga asal Sukabumi.

Melalui Edy Maryatama Lubis, pengacara keluarga menceritakan jika Nurul berangkat ke UEA pada tahun 2013 lalu dengan dokumen resmi dan diberangkatkan melalui sebuah perusahaan jasa penyalur tenaga kerja.

"Dia di bawa oleh seseorang atas nama Jejen yang berperan sebagai penyalur tenaga kerja, dengan alasan akan di tempatkan bekerja di Timur Tengah, tepatnya di Negara Abu Dhabi UEA. Melalui PT ADA (inisial)," kata Edy kepada detikcom di kediaman almarhum Nurul ,Kampung Sampalan RT 01 RW 08 Desa Bojong Galing, Kecamatan Bantargadung, Rabu (31/1/2018).

Nurul bekerja di sana sudah 4 tahun, masuk tahun ke 5-tiba-tiba pada tanggal 22 Desember 2017, pihak keluarga mendapatkan info dari yang mengaku sebagai temannya Nurul di Abu Dhabi berinisial LS. Melalui aplikasi pesan LS memberikan informasi kepada pihak keluarga melalui jika Nurul meninggal dunia.

"Info yang diperoleh dari Ls itu, Nurul dibunuh di sana dengan kondisi kepala terpisah dari badan. LS juga menjelaskan jika korban pembunuhan tidak hanya Nurul tapi juga ada 4 orang lainnya," lanjut Edy.

Pihak keluarga sendiri sempat mempertanyakan pihak KBRI Abu Dhabi yang seolah menutup-nutupi perihal kematian Nurul. Edy menyebut anggapan keluarga itu dipicu belum adanya informasi jelas dari pihak KBRI dan Kemenlu terkait penyebab kematian Nurul.

"Kebetulan salah seorang dari keluarga ini yaitu Ali meminta kami untuk melakukan pendampingan. Istilah menutup-nutupi mungkin karena KBRI belum bisa menjelaskan informasi akurat atau belum jelas tentang kejadian yang menimpa Nurul, akhirnya keluarga merasa KBRI menutup-nutupi kasus tersebut," jelas Edy.

Seperti diberitakan, Nurul Binti Daroji (30) Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kampung Sampalan RT 01 RW 08 Desa Bojong Galing, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jabar diduga menjadi korban pembunuhan di Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA).

 

Dikutip dari (avi/avi(news.detik.com), 2018, Nurul TKW Sukabumi yang Diduga Dibunuh 4 Tahun Bekerja di Abu Dhabi,https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3843035/nurul-tkw-sukabumi-yang-diduga-dibunuh-4-tahun-bekerja-di-abu-dhabi/komentar, diakses tanggal 21 November 2018)